top of page

Inilah Makna Cincin Tunangan Yang Belum Banyak Diketahui Orang


Tahukah Anda makna dari cincin tunangan? Cincin dalam sebuah adat dan tradisi yang ada di masyarakat kita bukanlah sebuah benda yang asing. jika kita perhatikan, banyak diantara kita yang memakai benda yang satu ini untuk berbagai tujuan juga. ada yang memakai cincin sebagai hiasan seperti cincin batu akik, ada yang memakai cincin sebagai bentuk simbol persahabatan, ada juga orang memakai cincin untuk menunjukan status hubungannya seperti cincin tunangan dan cincin nikah. Karena hal-hal tersebutlah cincin sudah menjadi benda yang sangat populer di kalangan masyarakat kita.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini ada banyak sekali bentuk cincin yang beredar di pasaran, mulai dari motif, bentuk, batu permata yang disematkan, dan lain sebagainya. semua itu tentunya memiliki arti dan makna sendiri. Tapi sayangnya tidak semua orang mengetahui hal itu. kebanyakan dari orang-orang yang memakai cincin hanya tertarik dengan desain atau motif sebuah cincin saja tanpa mengetahui apa makna yang terkandung di dalamnya. Untuk itulah, dalam tulisan kali ini akan dijelaskan tentang apa makna dari sebuah cincin, terutama untuk makna cincin tunangan yang sudah banyak beredar di pasaran.

Makna cincin tunangan yang perlu anda tahu

Dibawah ini adalah makna cincin tunangan yang sering dilupakan orang:

  • Makna lingkaran

Pada umumnya cincin memiliki bentuk melingkar. Ini adalah bentuk dasar yang sudah ada sejak jaman dulu. Meskipun saat ini telah dibuat cincin dengan desain yang beraneka ragam, seperti bentuk band yang tadinya bulat seperti lingkaran tapi karena perkembangan desain cincin maka saat ini telah muncul band dengan bentuk seperti segi tiga, segi enam, dan lain sebagainya. namun semua itu tidak mengurangi makna lingkaran yang sudah terlanjur melekat pada sebuah cincin.

Banyaknya bentuk cincin tapi tetap masih dalam aturan lingkaran itu memberikan makna bahwa ada kesetiaan yang harus dijaga oleh pasangan tersebut. Seseorang yang sudah berani untuk memasuki tahapan tunangan haruslah memiliki kesetiaan yang tingi meskipun banyak godaan yang ada dan datang mengganggunya. Seperti band sebuah cincin yang meskipun telah banyak bermunculan desain baru tapi intinya adalah band tersebut dibuat melingkar atau tidak ada ujungnya. Maka seperti itu juga kesetiaan yang harus ada pada sebuah hubungan.

  • Makna cincin polos

Ditengah banyaknya desain cincin yang bermunculan di pasaran, ternyata masih ada juga orang yang memilih cincin dengan motif polos. Hal ini tentunya bukan berarti tanpa alasan. Setiap mereka yang membeli cincin polos sebagai cincin tunangan tentunya memiliki tujuan sendiri mengapa menjadikan cincin bermotif polos sebagai cincin tunangannya.

Motif polos adalah sebuah motif yang sederhana. Seseorang yang memilih motif polos sebagai motif dalam cincin tunangannya dapat diartikan sebagai seseorang yang sederhana. Biasanya orang-orang seperti ini tidak menyukai hal-hal yang ribet dan cenderung suka dengan hal-hal yang simpel saja. Selain itu, motif sederhana juga menggambarkan sebuah harapan yang dimiliki oleh pasangan bahwa mereka menginginkan sebuah hubungan yang tenang, damai, dan tanpa banyak keributan yang terjadi diantara mereka.

  • Makna model belah rotan

Belah rotan adalah model cincin yang sudah ada sejak jaman dulu. Untuk itulah model cincin yang satu ini termasuk model klasik yang meskipun sudah lama tapi masih banyak penggemarnya.

Kesederhanaan dan keunikan model ini memberikan makna bahwa dalam sebuah hubungan perlu dijaga dalam waktu yang tidak terbatas. Seperti model belah rotan yang meskipun sudah ada sejak lama tapi model ini tetap ada dan banyak diminati sampai saat ini. dan itulah sebuah hubungan. Meskipun sudah berlangsung dalam waktu yang lama tapi hendaknya dijaga sampai kapanpun agar tidak rusak di tengah jalan.

  • Makna model satu permata

Diantara model cincin modern saat ini, ada cincin yang dibuat dengan menyematkan batu permata di atasnya. Model ini tentunya bukan tanpa tujuan.

Selain sebagai cara untuk memperindah tampilan sebuah cincin, disematkannya batu permata di atas cincin juga memberi makna bahwa seharusnya hanya ada satu cinta saja dalam ssebuah hubungan. Ini adalah makna yang harus diketahui oleh semua pasangan yang melangsungkan sebuah hubungan tunangan. Seorang yang sudah memberanikan diri untuk memasuki jenjang tunangan sudah seharusnya tahu bahwa hubungan yang sudah terjalin diantara mereka sudah tidak seperti dulu lagi. mereka sudah memiliki ikatan yang lebih kuat dibandingkan dengan ketika mereka masih pacaran karena kedua keluarga dari kedua belah pihak sudah sama-sama mengetahuinya. Untuk itulah, menjaga hubungan yang hanya ada satu cinta di dalamnya inilah sangat penting untuk dilakukan.

  • Makna cincin couple

Ada juga cincin yang dibuat dengan desain couple. Desain couple atau cincin dengan berpasangan adalah cincin yang dibuat dengan dua buah atau secara berpasangan. Meskipun dibuat secara berpasangan tapi biasanya desain yang dimiliki antara cincin untuk pria dan cincin untuk wanita tidaklah sama. Hal ini untuk menunjukan adanya perbedaan diantara pria dan wanita.

Namun hal yang harus anda ketahui adalah bahwa ada makna dibalik desain couple tersebut. Cincin yang dibuat secara berpasangan memberi makna bahwa saat ini mereka sudah tidak lagi sendiri. ada pasangan yang harus dijaga, baik itu perasaannya maupun cintanya. Untuk itulah makna yang paling penting disini adalah makna untuk saling menjaga, bukan hanya pria saja tapi wanita pun juga ikut menjaga hubungan tersebut. Selain memiliki makna untuk saling menjaga, makna lain dari cincin couple adalah adanya kekompakan diantara pasangan tersebut. Orang yang memakai cincin couple atau berpasangan akan terlihat lebih kompak. Hal ini tidak bisa dipungkiri lagi karena jika anda perhatikan akan banyak teman yang memiliki angapan seperti itu. Hal itu harus dijaga agar kekompakan kalian berdua akan tetap bertahan sampai kapanpun.

  • Makna model single

Selain dengan model couple, ada juga cincin yang dibuat dengan model single. Model single adalah cincin yang dibuat hanya satu saja. Biasanya cincin ini diberikan oleh pria kepada wanita.

Maknanya hampir sama seperti cincin dengan satu buah batu permata, yaitu hanya ada satu cinta yang ada di hati pasangannya. Seseorang pria yang telah memberikan cincin kepada pasangannya adalah seorang yang sudah menunjukan dan menyatakan bahwa di hatinya hanya ada satu cinta saja.

  • Makna model hati

Satu lagi makna cincin yang perlu anda ketahui yaitu berbentuk hati. Mungkin ini adalah model yang sedang banyak diminati saat ini karena bentuk hati adalah bentuk yang unik dan memiliki makna yang dalam.

Makna dari model ini adalah bahwa hati merupakan simbol perasaan seseorang. Cincin yang dibentuk seperti hati berarti bahwa seseorang yang memberikan cincin tersfebut adalah orang yang memberikan hati dan perasaannya hanya kepadanya. Ini adalah makna yang sangat dalam dan perlu dilakukan agar antara bentuk cincin dengan apa yang dilakukan sesuai.

Demikian tadi pembahasan tentang makna cincin tunangan yang belum banyak diketahui orang. Semoga bermanfaat.

Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Search By Tags
No tags yet.
Connect
  • Google+ Social Icon
  • Facebook Social Icon
  • LinkedIn Social Icon
  • Twitter Social Icon
bottom of page